Monday, April 16, 2012

PENDAKIAN GUNUNG RAUNG (14-15 Agutus 2009)

Gunung Raung terletak di antara kabupaten Banyuwangi, kbupaten bondowoso, kabupaten situbondo, dan kabupaten jember. Gunung ini memiliki ketinggian 3332 m dpl.Jalur yang saya gunakan pendakian adalah jalur sumber wringin, yang berada di Dusun Sumber Wringin, Desa Sumber Gading, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Bondowoso.

Perjalan menuju basecamp pendakian saya di antarkan pake mobil sama 4 org temen ari mapala Unibo. Karena memang yang punya basecamp pendakian anak mapala unibo namanya Cadas, jadi perijinan saya gratis, dan dapet makan malam gratis pula,,hhe.Pendakian saya di temani 1 orang teman dari mapala UMJ bernama Leder. Berangkat dari basecamp pendakian menuju pondok motor pukul 08.00, kita jalan kaki dari basecamp, sebenarnya bisa naek ojek ataupun numpang truk COLT, Cuma pas saat itu g ada Colt lewat, jadi mau g mau y jalan kaki,,hhe. Trek datar berbatu atau disana di sebut makadam, sampai di pondok motor. vegetasi hutan pinus, ladang jagung, di tengah jalan kita isi perbekalan air terlebih dahulu, karena itu sumber mata air terkahir, katanya se ada juga air di Pondok Sumur, tp katanya ngambilnya jauh dan untung2an. Perjalanan selama 2 jam 10 menit sampai pondok motor pukul 10.10. Istirahat sebentar, lalu kita lanjutkan perjalanan menuju pondok sumur, trek kadang datar kadang nanjak, tp kebanyakan nanjaknya,hhe. Jam menunjukkan pukul 14.00 kita sudah sampai di Pondok Sumur. Di Pondok sumur istirahat sambil buat teh anget, dan cemilan roti susu coklat,,hhe. Setelah perut terisi perjalan kita lanjut ke Pondok Tonyok, waktu tempuh 2 jam 45 menit, lanjutkan ke Pondok Demit, waktu tempuh 45 menit. Di Pondok Demit inilah kita mendirikan tenda untuk bermalam dan membuat api unggun.

Esok paginya kita bangun pukul 05.00, sebelum berangkat ke puncak kita isi perut lebih dahulu, pukul 06.00 kita lanjut perjalanan ke Pondok Mayit, pukul 07.00 posisi sudah di Pondok Mayit, jadi waktu tempuh 1 jam. Setelah Pondok Mayit lanjut ke Pondok Angin waktu tempuh 30 menit, vegetasi edelweiss, pinus dan rumput ilalang. Dari Pondok Angin ke Puncak Raung waktu tempuh 30 menit, sampai di puncak pukul 08.00. sampai di puncak makan popcorn ( koyo nonton bioskop ae,,hhe), sama coklat silverquen, dan tak lupa isep gudang garam. Dari puncak raung kita bisa melihat pegunungan Argopuro, Kawah ijen, serta gunung2 lainnya..(yg kelihatan pastinya,,hhe). Pukul 09.00 kita bertolak ke tempat camp, Pondok Demit,sampai Pondok Demit kita makan siang dulu, biar perut gak kroncongan di jalan. Sampai di Basecamp pendakian pukul 16.00. Dilanjutkan langsung balik ke Bondowoso, tepatnya di Mapala UniBo (universitas Bondowoso).