Thursday, July 14, 2011

Jalur Pendakian Gunung Ciremai via Linggarjati



Jalur Linggarjati
Rute
Kendaraan
Waktu Tempuh
Cirebon – Cilimus
Minibus
30 menit
Cilimus – Gedung Perjanjian
Minibus
15 menit
Gedung Perjanjian – Linggarjati
Ojek
10 menit

            Akses, dari terminal Cirebon naik angkutan umum ke Cilimus selama 30 menit dan dilanjutkan ke Gedung Perjanjian di Desa Linggarjati dengan waktu tempuh 15 menit. Jarak dari Gedung Perjanjian ke basecamp sekitar 1 km, dengan berjalan kaki.
Langsung saja ya, untuk memulai pendakian

Basecamp – Blok Cibunar
Dengan waktu 2 jam 30 menit , jalur aspal dan kemudian disusul jalan tanah di tengah – tengah hutan pinus. Di blok Cibunar terdapat banyak warung makan karena dimusim liburan sekolah tempat ini sering digunakan sebagai tempat camping.

Blok Cibubur – Blok Kuburan Kuda (1400 mdpl)
Dapat ditempuh dengan waktu 1 jam 15 menit, melalui hutan pinus, camping site, hutan jati, dan melalui beberapa pondok dan warung yang buka pada siang hari. Di sebut kuburan kuda karena tempat penguburan kuda yang mati pada saat perjalanan ke gunung ciremai, pada jaman Belanda.

Blok Kuburan Kuda – Blok Pangalap (1640 mdpl)
Dengan waktu tempuh 3 jam, melewati hutan jati, dan beberapa tanjakan yang terjal.

Blok Pangalap – Blok Batu Lingga ( 2150 mdpl)
Dengan waktu tempuh sekitar 4 jam, dengan vegetasi hutan jati, dengan tanjakan yang terjal. Di blok Batu Lingga ini terdapat batu besar ditengah2 jalan. Kono batu itu adalah tempat duduk Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati pada saat bertapa.

Blok Batu Lingga – Blok Sanggabuana ( 2450 mdpl)
Dengan waktu tempuh 3 jam, melalui hutan jati dengan jalan yang terus menanjak.

Blok Sanggabuana – Blok Pangasinan (2640 mdpl)
Dengan waktu tempuh 1 jam 30 menit. Blok Pangasinan merupakan tempat yang luas yang berda diatas bukit sebelum puncak ciremai. Tempat ini sering digunakan para pendaki untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan ke puncak.

Blok Pangasinan – Puncak Ciremai (3078 mdpl)
Ditempuh dengan waktu 1 jam dengan medan bebatuan yang terus menanjak, melewati vegetasi perdu, edelweiss, rumput, semak. Dari puncak ciremai kita dapat menikmati pemandangan kota Cirebon, Majalengka, Kuningan, Pantura dan Gunung Slamet dari Puncak ini. Dan dari puncak linggarjati kita dapat melihat batuan di tebing kawah, dan terlihat pemandangan kawah gegerhalang yang bertingkat.

Comments
0 Comments

0 komentar:

 

Followers

Labels