Sunday, February 26, 2012

Jalur Pendakian Gn Sumbing via Garung


Jalur Garung
Rute
Kendaraan
Waktu Tempuh
Wonosobo – Garung
Bus
45 menit
Temanggung – Garung
Bus
1 Jam

            Jalur Garung memiliki 2 jalan untuk mencapai puncaknya, yaitu jalur lama dan jalur baru. Kedua jalur ini bertemu di persimpangan di bawah Pestan.

Menggunakan Jalur Lama
Basecamp – Pos 1
          Dimulai dari gapuro garung menuju masjid Al – Mansyur yang dapat ditempuh selama 30 menit. Dari masjid itu pilih tanjakan kea rah kiri sekitar 200 m dan kemudian melewati lading pertanian.  Dalam perjalanan menuju Pos 1 kita akan melewati sungai kecil.Setelah 1 jam perjalanan kita akan sampai di Pos 1, dengan pondok yang sudah rapuh di sebelah kiri jalan.

Pos 1 – Pos 2
          Perjalanan dari Pos 1 menuju Pos 2 membutuhkan waktu sekitar 1jam 30 menit, dengan medan yang menanjak. Di pos 2 terdapat pondok disebelah kiri jalan, pondok tersebut tidak terlalu kelihatan, karena masuk 5 meter dari jalan yang dilewati.

Pos 2- Pestan
          Dapat di tempuh dengan waktu 2 jam, dengan medan yang menanjak, dan berada diatas punggungan. Dalam perjalanan kita akan melewati Malim, sebuah memoriam yang berada dibawah pohon yang rindang dan kita akan melewati persimpangan antara jalur lama dan jalur baru. Di pestan memiliki tempat yang luas dan bisa digunakan untuk camp dari puluhan tenda, kalau missal hanya 1 atau 2 tenda saya saranan lebih memilih tempat camp di Watu Kotak, karena tempatnya yang tidak begitu banyak terkena angin. 

Pestan – Watu Kotak
       Dengan waktu tempuh 1 jam, dengan medan yang datar dan menanjak. Dalam perjalanan ke Watu Kotak kita akan melewati Pasar Watu.

Watu Kotak – Puncak
      Dengan waktu tempuh 45 menit, dengan medan menanjak dan berbatu. Dalam perjalanan kita akan melewati  Tanah Putih. Dari Puncak Sumbing kita juga dapat melihat kawah yang berada di tengah – tengah. Puncak memiliki ketinggian 3371 m dpl.

Comments
0 Comments

0 komentar:

 

Followers

Labels