Monday, March 26, 2012

Jalur Pendakian Gunung Arjuna dan Welirang via Tretes

Jalur Pendakian Gunung Arjuna dan Welirang via Tretes

            Tretes berada di desa pecalukan, terletak pada ketinggian 800 m dpl, merupakan tempat wisata dan hutan wisata. disini terdapat air terjun yang indah, yaitu air terjun kakek bodo. Di Tretes ini terdapat banyak villa, hotel, dan restoran. Tretes memiliki suhu yang sejuk, dan alam yang sangat alami.

Pendakian dimulai dari pos PHPA Tretes

Pos PHPA - Shelter 1 (Pet Bocor)
dapat ditempuh dengan waktu 30 menit, dengan melewati rumah 2 dan memasuki vegetasi hutan, di Pet Bocor biasanya digunakan orang untuk tempat camp, dan terdapat warung yang menjual kebutuhan logistik para pendaki.

Shelter 1 - Shelter 2 (Kokopan)
Dengan waktu tempuh 3 jam perjalanan, dengan medan menanjak berbatu, di pos Kokopan tedapat juga warung di kiri jalan, tetapi warung ini kadang buka dan tutup, warung ini buka apabila saat musim pendakian.

Shelter 2 - Shelter 3 ( Pondokan )
Dengan waktu tempuh 4 jam perjalanan , dengan medan menanjak berbatu. di pondokan terdapat tempat luas dan beberapa pondok para penambang belerang dari welirang. di pondokan juga terdapat percabangan yang kiri menuju ke puncak arjuna dan yang kanan menuju puncak welirang. Di Pondokan juga terdapt sumber mata air yang bisa gunakan untuk memasak ataupun mandi. Pondokan merupakan tempat terakhir untuk mengambil air sebelum ke puncak welirang.


Pondokan - Puncak Welirang
Perjalanan ditempuh dengan waktu 2 jam, dengan vegetasi hutan cemara setelah hutan cemara sebagian medan undak2an batu atau batu yang tersusun rapi seperti tangga. Dibawah puncak ada sebuah kawah yang menyemburkan gas belerang, dan pada siang hari biasanya puncak tertutup dengan asap belerang.


Pondokan - Puncak Arjuna
dapat ditempuh dengan waktu 2,5 jam, dengan vegetasi hutan cemara. dan dalam perjalanan kita akakn disuguhi pemandangan rumput yang hijau sebelum lembah kijang. dan sebelum sampai dipuncak arjuna kita akan melewati Pasar Dieng, tingginya hampir sama dengan puncak arjuna, dan banya orang mengira kalau itu adalah puncak arjuna. Di Pasar Dieng ini terdapat tumpukan batu dan merupakan pertemuan jalur antara jalur tretes dan jalur karangploso, batu, selecta.


Sebenarnya ada jalur dari Puncak welirang ke Puncak Arjuna langsung yaitu melewati sebuah jurang dan pinggiran Gunung Kembar 1 dan Gunung Kembar 2, tanpa kembali ke pondokan. tetapi jalur tersebut jarang dilewati , kalau kurang megetahui medan, saya sarankan kembali ke pondokan untuk naek lagi ke Puncak Arjuna.

Comments
1 Comments

1 komentar:

Silahkan kunjungi http://www.pendakian-tretes.bl.ee untuk informasi seputar pendakian G. Arjuno & G. Welirang

 

Followers

Labels