Sunday, April 1, 2012

PENDAKIAN KAWAH IJEN

PENDAKIAN KAWAH IJEN (24-25 Desember 2010)

Kawah Ijen, Jawa Timur, mempunyai ketinggian 2386 m dpl. Gunung ini terletak di Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, memang termasuk gunung yang pendek tapi memiliki keindahan yang amazing,,hhe. Yang saya tau Cuma ada satu jalur pendakian yang biasanya digunakan para pendaki atau wisatawan. Cuma untuk ke Paltidung ( tempat camp sebelum pendakian ke Kawah Ijen) ada 2 jalur, yaitu lewat Sasak Periot dari Banyuwangi, yang satunya lewat Sempol dari Bondowoso.

Pemberangkatan saya mulai dari Jember, tepatnya di basecamp Mapala Bekisar Politeknik Negeri Jember pukul 14.00. Dengan 7 orang teman, dengan kendaraan motor , jadi bawa 4 motor. Benernya yang berangkat ada sekitar 30an orang, Cuma yang 22 orang temen uda pada berangkat duluan jam 09.00 pagi, jadi ceritanya kami 8 orang nyusul. 3 jam perjalanan kita sudah nyampe di rumah salah satu teman saya pukul 17.00, anak2 yang berangkat duluan uda pada nunggu disana. Karena memang rumahnya dekat dengan Paltidung, jd kami skalian mempersiapkan bekal makanan buat hari besok. Kami beristirahat sejenak disana, setelah jam menunjukkan pukul 21.00, kami 30 orang dengan 15 motor melanjutkan perjalanan ke Paltidung, jadi kayak ada konvoi,,hhe, Cuma 20 menit uda nyampe di Paltidung, kami mengurus perijinan, dari motor sampai ijin tempat camp, semua di kenakan biaya. Setelah kelar semua kami persiapkan peralatan masak, dan mendirikan 2 tenda, brarti sebagian ada yang tidur di luar.

Bangun pukul 05.00, jam 06.00 kami langsung berangkat menuju ke Kawah Ijen, Jalur pendakian cukup lebar sekitar 2-3 meter, tapi kebanyakan nanjak. Selama perjalanan kami sering berpapasan dengan penambang belerang yang turun sambil memikul belerang yang kira2 beratnya 50 kg (emg org sana kuat2,,).Vegetasi hutan, tp juga masih ada rumah penduduk sekitar 1 jam jalan, gak banyak rumahnya, mungkin se rumah para penambang belerang. Pukul 09.00 kami sudah nyampe di bibir Kawah Ijen, dari sini bisa terlihat Danau Kawah Ijen, Gunung Merapi ijen, Gunung Raung, dan laut. Kami 4 orang memutuskan turun kekawah, karena pengen photo2 di bawah. Trek menuju kawah curam, dan berbatu, cuma cukup buat jalan satu orang, jadi kl b’papasan sama penambang terpaksa saya minggir dulu. Sekitar 15 menit kami sudah sampai di kawah, kami gak bisa ke bibir danau karena asep belerang larinya ke arah sana, sedang kami gak pake kain penutup hidung dan mulut.jadi kami Cuma photo2 di batu2 kawah, dengan back ground asap belerang. Jam 11.00 kami turun ke Paltidung, nyampe di Paltidung kami pun packing , pukul 12.00 kami lanjut perjalanan pulang menuju Jember.