Thursday, February 23, 2012

Jalur Pendakian Gn Merbabu via Tekelan


JALUR KOPENG TEKELAN

Dari kopeng terdapat banyak jalur menuju ke Puncak, namun lebih baik melewati desa tekelan karena terdapat Pos yang dapat memberikan informasi maupun berbagai bantuan yang diperlukan. Pos Tekelan dapat ditempuh melalui bumi perkemahan Umbul Songo. 
Di bumi perkemahan Umbul Songo Anda dapat beristirahat menunggu malam tiba, karena pendakian akan lebih baik dilakukan malam hari tiba dipuncak menjelang matahari terbit. 
Pos Tekelan
Dari tekelan perjalanan dimulai dengan menuju ke pos Pending yang merupakan pos bayangan. Perjalanan ini dapat di tempuh selama 1 jam dengan jarak 1200 m.
Pos Pending
Di pos ini anda dapat beristirahat, dipos ini banyak terdapat air dan juga tersedia gubug tempat untuk bermalam.
Pos ini memiliki ketinggian 1800 m dpl, terdapat persimpangan antara jalur utama ke kiri dan jalur alternatif ke kanan.
Pos Pending-Pos I
Perjalanan dari pos pending ke pos 1 (Gumuk) dengan ketinggian 2260 m dpl dapat di tempuh dengan waktu 1 jam 30 menit dengan jarak 1507 m melewati sungai kaliwoso dan kemudian pereng putih di sebelah kanan jalan.
Setelah melewati pereng putih, 5 menit kemudian kita akan sampai di sungai kethekan. dari sungai kecil itu untuk mencapai Pos 1 akan menghabiskan waktu 20 menit.
Pos 1 - Pos 2
Perjalanan Pos 1 ke Pos 2 dengan waktu tempuh 1 jam dengan jarak 785 m. Disini ada 2 jalur, dipos 2 memiliki ketinggian 2450 m dpl.
Pos 2 - Pos 3
Dapat ditmpuh dengan waktu 1 jam dengan jarak 724 m. disini ada 3 jalur. Pos watu gubug ditandai dengan adanya rangka besi-besi sisa bangunan. dalam jarak 50 meter sebelum watu gubug terdapat pertemuan antara jalur ngaduman sebelah kiri dan jalur tekelan sebelah kanan.
Pos 3 - Pos 4
Dapat ditempuh dengan waktu 45 menit dengan jarak 453 meter. Di pos 4 terdapat menara relay milik TNI AD. Pemancar merupakan jalur pertemuan antara jalur cunthel dengan jalur genikan. Kedua jalur Tekelan di Watu Gubug.
Pos 4- Pos 5
Dapat ditempuh dengan waktu 30 menit dengan jarak 630 meter. Sebelum mencapai pos 5 kita akan melalui helipad, sebuah tempat datar yang berada disebelah kawah candradimuka.
Pos 5 - Simpang (Puncak Syarif dan Puncak Kenteng Songo)
Dapat Ditempuh dengan waktu 45 menit jarak tempuh 627 meter. dengan melalui jembatan setan dan mendaki tanjakan terjal, kita akan sampai jalan datar yang dikenal dengan geger sapi. medan berikutnya adalah punggungan-punggungan bukit.
Simpang - Puncak Syarif (kiri)
Dapat ditempuh dengan waktu 10 menit dengan jalan yang menanjak. Dipuncak syarif ada pertamuan jalur Pantaran dan Jalur Ngagrong (Boyolali).
Simpang - Puncak Kenteng Songo
Dapat ditempuh dengan waktu 45 menit dengan jarak 443 meter. Perjalanan melalui punggungan- punggungan dan tebing yang dapat dilalui melintas satu per satu, melalui tanjakan terjal yang dikenal dengan ondho rante. Perjalanan dari tebing menuju puncak kenteng songo hanya butuk waktu 5 menit.



Comments
0 Comments

0 komentar:

 

Followers

Labels