Thursday, February 23, 2012

Jalur Pendakian Gn Lawu Via Cemoro Kandang

Jalur Pendakian dari Cemoro Kandang,Dari Solo dapat menggunakan bus arah tawangmangu, setelah itu dilanjutkan dengan menggunakan minibus kea rah Cemoro Kandang. Dari Jawa Timur, menggunakan bus dari madiun ke arah Sarangan, dari sarangan menggunakan minibus lalu turun di Cemoro Kandang.
Pendakian dimulai dari
Basecamp – Pos 1
Dengan jarak sekitar 1,2 km dengan waktu tempuh 1 jam. Setelah melalui tangga batu maka kita akan memasuki vegetasi hutan. Di Pos 1 ini terdapat pondok untuk para pendaki, ada warung dengan jualan makanan.
Pos 1 – Pos 2
Dengan jarak 1,5 km yang dapat di tempuh dengan waktu 1 jam. Di pos 2 terdapat persimpangan, yang ke kanan menuruni jalur yang curam sampai sungai yang merupakan perbatasan jawa tengah dan jawa timur. Dengan menelusuri sungai ke arah hulu, sekitar 300 m kita akan menemukan kawah aktif dengan suaranya yang bergemuruh.
Pos 2 – Pos 3
Bejarak sekitar 2,6 km ditempuh selama 1 jam 45 menit. Di perjalanan kita akan melihat kawah2 kecil yang berada di jurang parang gupito dan jurang pangarip-arip.
Pos 3 – Pos 4
Dengan jarak 1,9 km dengan waktu tempuh 1 jam 30 menit. Diperjalanan kita akan melewati Sendang Panguripan Ondhorante. Ada 2 rute yang berkelok – kelokdan jalan terjal. Di Pos 4 terdapat pondokan yang bisa digunakan untuk bermalam para pendaki.
Pos 4 – Pos 5
Dengan jarak 1,5 km dapat ditempuh dengan waktu 50 menit dan dilanjutkan ke Hargo Dumilah dengan jarak 1,3 km waktu tempuh 1 jam.
Pos 5 – Puncak Hargo Dumilah
Setelah berjalan 5 menit dari Pos 5, maka kita akan menemukan persimpangan. Sebaiknya kita memilih jalur kanan karena lebih dekat. Jalur kanan di awali dengan tanjakan dan kemudian menurun 5 menit kemudian kita akan bertemu persimapangan lagi. Jika ambil arah kanan kita akan memasuki semak kemudian medan bebatuan yang berada di bibir kawah. Jika mengambil jalur lurus, perjalanan agak memutar.