Monday, April 16, 2012

Pendakian Gunung Argopuro via Baderan

Gunung Argopuro dalam pangkuan pegunungan Hyang dan di apit oleh 3 kabupaten yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Jember dan Kabupaten Situbondo. Gunung yang memiliki ketinggian 3088 mdpl ini mempunyai 2 puncak yaitu pucak rengganis dan puncak argopuro. Ada 3 jalur pendakian, Yang pertama dari Probolinggo, Bremi, yang kedua dari Situbondo Baderan, yang ketiga dari Jember ,Tancak. jalur yang jarang dilewati para pendaki, biasanya jalur ini di pakai buat diklat mapala2 sekitar. Untuk pendakian kali ini saya menggunakan jalur Baderan turun Bremi. Jalur terpanjang adalah jalur dari selatan yaitu dari Jember, Tancak karena ditempuh dalam waktu kira-kira 1 minggu untuk menuju Puncak.
Berangkat dari Semarang seorang diri, pukul 01.30 dari semarang stasiun poncol naek kereta api kerta jaya tujuan akhir st pasar turi Surabaya, ongkos tiket waktu itu 28rb. Sampai di st Pasar Turi Surabaya pukul 07.00, di stasiun saya sudah dijemput sama temen saya dari Mapala Monsilva Uwika, karena kereta tujuan ke Jember berangkat pukul 16.10, jadi untuk mengisi waktu siang saya di ajak muter-muter Surabaya sama temen saya. Pukul 16.10 saya mulai berangkat dari St Gubeng Surabaya tujuan St Jember ditempuh dalam waktu 5 jam dengan ongkos Rp 18.500,-. Sampai di St. Jember temen saya sudah nunggu , langsung saya di bawa ke basecamp Mapala UMJ, untuk beristirahat.
         Pagi hari kami berangkat menuju Gunung Argopuro 20 orang, ngangkot..(jadi transit-transit,,hhe). Berangkat dari Univ. Muhammadiyah Jember dengan menggunakan angkot menuju ke Terminal Arjasa dengan ongkos 3rb / org, dari Terminal Arjasa Menuju Bondowoso dengan ongkos 4rb/org, dilanjutkan ke Besuki menggunakan bus ongkos 6rb/org, dari Besuki menuju Baderan menggunakan mini bus dengan ongkos 8rb/org. Setelah nyampe di Baderan pukul 14.00 kami langsung menuju basecamp pendakian jalan kaki, kami pun langsung beristirahat untuk mempersiapkan kondisi fisik buat pendakian esok hari.
             Berangkat dari basecamp pendakian pukul 08.00, menuju ke Mata Air 1,dengan trek yang terjal dan panas, keadaan sekitar masih ladang warga waktu tempuh kira-kira 3 jam. Di Mata Air 1 ini kami langsung mendirikan tempat camp, padahal waktu masih siang hari. Di sebelah kanan lahan kosong disebelah kiri agak turun curam ke bawah ada sungai jadi kami bisa ambil air dari sana. Paginya dari Mata Air 1 kami melanjutkan perjalanan menuju Mata Air 2 dengan waktu tempuh kira-kira 2,5 jam dengan rute yang tidak terlalu menanjak. Mata Air 2 ke Mata Air 3 dapat di tempuh dengan 1 jam perjalanan. Dari Mata Air 3 kami lanjutkan perjalanan menuju ke Sabana Kecil, di tempuh dengan waktu 2 jam perjalanan, dari sabana kecil kami lanjutkan perjalanan menuju sabana besar dengan waktu tempuh 1 jam perjalanan. Dari sabana besar kami lanjut menuju ke Cikasur dengan waktu tempuh kira-kira 1 jam, Cikasur ini lah yang nantinya akan dijadikan tempat bermalam, karena memang tempatnya luas, dan di situ juga ada bekas landasan pesawat militer pada mas invasi Jepang yang juga digunakan sebagai tempat pendaratan logostik.
                Dari Cikasur kami berangkat pukul 09.00 dengan tujuan menuju Cisentor, jalan menanjak dan kadang mendatar dengan sekitar medan dikelilingi oleh padang ilalang. Sepanjang jalan ke Cisentor banyak terdapat kubangan dan bekas jejak babi hutan baik yang lama maupun yang baru terjadi.untuk sampai di cisentor dibutuhkan waktu 2-3 jam perjalanan. Di Cisentor ini kami mendirikan tempat camp lagi buat bermalam sebelum esok summit kepuncak Rengganis dan Argopuro, di cisentor ini ada bangunan tua atau gubug, yang masih layak pakai, dan dibawah ada sungai, jadi akses air juga mudah. Malam pun kami habis kan dengan menghangatkan diri dekat api unggun sampil maen kartu,,hhe.
               Pukul 08.00 kami sudah siap untuk melanjutkan perjalanan menuju Rawa Embik. Cuma barang- barang pendakian kami tinggal di Cisentor, jadi Cuma bawa tas kecil berisi makanan dan minuman secukupnya. Hati-hati selama perjalanan karena kadang-kadang dikanan kiri jalan disuguhin sama tumbuhan penyengat atau jelatang (djancukan,tretep,,). Setelah 1 jam 30 menit jalan kami pun sampai di Rawa embik, di Rawa Embik juga ada sumber air, Cuma tempatnya kurang strategis kalau di buat tempat camp, karena jalur turun menuju Bremi dari Cisentor, dari pada bawa barang pendakian menuju Rawa Embik mending barang pendakian ditinggal di Cisentor. Tempatnya juga luas, dengan di kelilingi hutan yang lebat. Perjalanan kami lanjutkan menuju persimpangan puncak Argupuro-Puncak Rengganis, ditempuh dalam waktu 30 menit, kalau lurus ke puncak rengganis dan kalau ke kanan ke Puncak Argopuro. Dari persimpangan kami memilih untuk ke puncak Rengganis terlebih dulu, 1 jam perjalanan kami sudah nyampe di Puncak Rengganis. Keadaan dipuncak Rengganis waktu itu kabut, jadi gak bisa lihat pemandangan sekitar, bisa melihat cuma jarak 3 meter, kami langsung buka makanan dan minuman buat pengganjal perut. 1 jam kami dipuncak, kami langsung menuju ke tempat bersejarah, istana Rengganis. Perjalanan kami lanjutkan menuju Puncak Argopuro, jadi balik lagi ke persimpangan, kalau dari arah puncak Rengganis untuk ke Puncak Argopuro di persimpangan ambil kiri, jalan terjal menanjak dan berbatu,kira-kira 1 jam perjalanan kami sudah nyampe di Puncak Argopuro, puncak Argopuro berukuran kira-kira 8x8 m, ada tumpukan batu.
Pukul 14.00 kami pun bertolak menuju Cisentor untuk bermalam lagi disana. Esok harinya kami perjalanan turun ke Bremi, di tengah perjalanan. Karena waktu sudah sore kami bermalam di Danau Taman Hidup, danau ini cukup luas, banyak warga Bremi yang mancing di danau ini, mungkin untuk sekedar mengisi waktu luang. Pagi pukul 09.00 kami bergegas turun ke Bremi (packing2 dulu pastinya,,). Sampai di Bremi pukul 13.00, kami langsung cari kendaraan Colt carteran, untuk menuju ke Probolinggo. Dari Probolinggo dilanjutkan naek bus menuju terminal Tawang Alun.Terus dilanjutkan naek angkot menuju basecamp Mapala UMJ.