Sunday, April 1, 2012

PENDAKIAN GUNUNG SEMERU (Upacara kemerdekaan di Ranu Kumbolo)

Gunung Semeru terletak dalam 4 kabupaten, yaitu kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Gunung Semeru sendiri memiliki ketinggian 3676 m dpl, gunung ini terkenal paling tinggi di pulau jawa. Untuk mencapai puncak nya dapat melewati beberapa jalur, jalur dari arah barat daya melewati gunung Widodaren, dari arah utara melewati gunung Ayak-ayak, Gunung Ider-ider dan Gunung Kepolo, lewat lereng utara yaitu melalui Ranu Pane, Ranu Kumbolo, seperti yang sering digunakan para pendaki. Pendakian ini saya menggunakan jalur lereng Utara, jadi lewat Ranu Pane.

Pendakian saya dengan seorang teman dari Mapala UniBo yang bernama Wanyok. Pada waktu itu kita berdua nyampe di Ranu Pane malam pukul 20.00, dan keaadaan Ranu Pane sepi dari para pendaki, karena pada malam itu malam kemerdekaan, jadi pendaki lain sudah pada naek duluan pada hari kemarin. Kami langsung menuju Basecamp pendakian dan mengurus perijinan. Kami mendapat tambahan teman 1 orang lagi, di karenakan orang tersebut tidak di perbolehkan naek karena sendirian, dia dari sidoarjo bernama Wawa, seorang pengendara sepeda ontel sejati ,,hhe. setelah semua selesai malam itu juga pukul 21.00 kami langsung lanjut perjalanan ke Ranu Kumbolo, karena waktu berangkat malam jadi tidak bisa menikmati pemandangan di sekitar perjalanan. Selama perjalanan menuju Pos Ranu Kumbolo ada 4 pos peristirahatan, yang sudah dibangun tembok Pos 1, Pos 2, Pos 3, dan Pos 4. Setelah berjalan 4 jam akhirnya kami sampai juga di Ranu Kumbolo pukul 00.00. Sesampainya disana saya cari tempat camp dulu, memang tempatnya luas, tp kan tu malam kemerdekaan jadi yang ngecamp disitu juga banyak, jadi bingung nyari tempatnya. Pada mau ikut ngrayain upacara kemerdekaan di Ranu Kumbolo. Akhirnya setelah beberapa menit nyari2, dpet juga tempat camp dekat kamar mandi pos Ranu Kumbolo (jd agak2 bau dkit..hhe), langsung de, buka tenda, buka peralatan masak. Makan malam trz tidur..

Pagi saya bangun jam 05.30, karena kaki kedinginan, jadi gak tenang kl dibuat tidur. Ya akhirnya saya keluar cari perapian, skalian cari teman ngobrol,,hhe. Setelah matahari mulai nongol, langsung de bikin sarapan di depan tempat camp, karena dingin mungkin perut laper terus,,hhe. Jam 07.00 saya langsung ke lapangan buat ikut upacara kemerdekaan, kira2 ada sekitar 200an orang yang ikut upacara di Ranu Kumbolo, upacara berlangsung selama kurang lebih15 menit. Saya kebetulan bertemu 2 temen dari Mapala Akasia dan Mapala Bekisar Jember, langsung saya ajak gabung mereka ke tempat camp. Jam sudah menunjukkan pukul 13.30, saya,Wanyok dan 2 temen dari Jember lanjut ke Kalimati, sedangkan mas Wawa gak ikut, karena memang cuma pengen sampai Ranu Kumbolo. Perjalan ditempuh selama 3 jam, dengan vegetasi padang rumput dan hutan pinus. Pukul 16.30 kami sampai di Pos Kalimati, kami tidak mendirikan tenda karena memang sudah ada bangunan buat bermalam di kalimati, pas beruntung malem itu kosong, jadi bisa kami pakai buat bermalam. Kami pun melepas kelelahan dengan minum kopi sambil gossip-gosip (ngobrol mksudnya,,hhe). Jam 01.00 acara kami lanjut summit ke puncak Mahameru, 2 jam berjalan kami sudah sampai Pos Arcopodo, merupakan tempat camp terakhir sebelum puncak, di Arcopodo vegetasi masi hutan pinus. Kami pun beristirahat sebentar, setelah tenaga pulih kami lanjut berjalan menuju batas vegetasi dari hutan ke pasir. Dari batas vegetasi ke puncak dapat ditempuh dalam waktu 3 jam, dengan trek yang terjal dan dengan kemiringan kira2 30 derajat tambah pasir yang di injek mrosot terus, misalnya 5 langkah mrosot 2 langkah, juga angin yang kenceng jadi pasir2 pada beterbangan, apalagi waktu itu kami gak ada yang pake kacamata, mata uda iritasi karena kena angin campur pasir2 kecil. Pukul 06.00 kami sudah sampai di puncak. Di puncak paling Cuma 10 menitan, soalnya anginnya lagi gak b’sahabat, ditambah gak bisa nyalain gudang garam, yaudah setelah kami puas photo2 langsung turun, wedus gembel yang ditunggu-tunggu juga g keluar-keluar, karena emang uda berapa bulan gak keluar. Dengan berat hati turun dari puncak gak dpet photo wedus gembel. Turunnya kami lari karena jalannya pasir jadi bisa maen prosotan skalian,,hhe. Nyampe di kalimati masi pukul 11.00, jadi kami sempat kan waktu buat tidur karena semalem begadang. Jam 14.00 kami langsung turun ke Pos Ranu Kumbolo. Setelah nyampe Ranu Kumbolo ternyata makanan uda di siapkan sama mas Wawa. Pukul 18.10 kami melanjutkan perjalanan turun ke Desa Ranu Pane,lagi-lagi perjalanan malem jadi gak bisa lihat pemandangan selama perjalanan. Nyampe di Ranu Pane pukul 21.00, langsung kami menuju warung dekat base camp, dan kami pun bermalam disana sampai esok tiba.